Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi, Watashi no Shumi


Sakubun adalah sebutan untuk karangan dalam bahasa Jepang. Berikut minmin akan memposting tentang Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi disini minmin akan membagi dua yaitu Contoh 1 adalah karangan bahasa Jepang yang masih sederhana dan Contoh 2 adalah karangan bahasa Jepang yang lumayan sulit dengan teks yang panjang. Berikut contoh-contohnya :

Contoh 1
Contoh yang pertama ini adalah contoh karangan yang sederhana.

Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi, Watashi no Shumi

趣味(しゅみ)


わたしの趣味(しゅみ)映画(えいが)()ることです。(ひま)なとき日本(にほん)のアニメやタイやインドネシアの映画(えいが)をよく()ています。その(なか)一番大好(いちばんだいす)きなのはアニメです。

日本(にほん)のアニメは面白(おもしろ)くていい映画(えいが)ですから子供(こども)のだけではなくて大人(おとな)にも人気(にんき)があります。(はじ)めて()たアニメはクリーミーマミ”というアニメです。このアニメは魔法(まほう)大人(おとな)になれる(おんな)()について(かた)っています。そしてアニメを()れば()るほどアニメに興味(きょうみ)()つようになりました。

将来(しょうらい), インドネシアのアニメを(つく)りたい。

*Berikut ini adalah huruf romaji dari tulisan bahasa jepang diatas jika kalian sudah menguasai hiragana, katakana atau kanji silahkan skip tulisan dibawah.

Romaji

Shumi
Watashi no shumi wa eiga wo miru koto desu. Hima na toki nihon no anime ya tai ya indoneisa no eiga wo yoku mite imasu. Sono naka de ichi ban daisuki na no wa anime desu.

Nihon no anime wa omoshirokute ii eiga desu kara kodomo dake dewanakute otona ni mo ninki ga arimasu. Hajimete mita anime wa “Creamy mami” to iu anime desu. Kono anime wa mahou de otonani nareru onna no ko ni tsuite katatte imasu. Soshite anime wo mireba miru hodo anime ni kyoumi wo motsu youni narimashita.

Shourai indonesia no anime wo tsukuritai.

Arti
Hobi
Hobiku adalah menonton film. Jika aku sedang senggang aku sering melihat anime jepang, film thailand atau film indonesia. Diantara ketiga film itu yang paling aku suka adalah anime.

Karena anime adalah film yang menarik dan sangat bagus, anime ini tidak hanya populer dikalangan anak kecil tapi di kalangan dewasa juga. Anime pertama yang aku lihat adalah Creami mami. Anime ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang bisa berubah menjadi dewasa dengan menggunakan sihir. Kemudian semakin aku sering melihat anime semakin aku tertarik padanya.

Di masa yang akan datang aku ingin membuat anime Indonesia.

Kosakata

Huruf Jepang
Romaji
Arti
趣味(しゅみ)
Shumi
Hobi
映画(えいが)
Eiga
Film
()
miru
Melihat
(ひま)(な)
hima (na)
waktu senggang
日本(にほん)
Nihon
Jepang
タイ
Tai
Thailand
インドネシア
Indonesia
Indonesia
一番(いちばん)
Ichiban
Paling/pertama
大好(だいず)
Daisuki
Sangat suka
面白(おもしろ)
Omoshiroi
Menarik
子供(こども)
Kodomo
Anak-anak
大人(おとな)
Otona
Dewasa
人気(にんき)
Ninki
Populer
(はじ)めて
Hajimete
Pertama
魔法(まほう)
Mahou
Sihir
(おんな)()
onna no ko
Anak perempuan
(かた)
Kataru
Bercerita
興味(きょうみ)
Kyoumi
Minat
()
Motsu
Mempunyai
将来(しょうらい)
Shourai
Masa depan, masa yang akan datang
(つく)
tsukuru
Membuat

*Jika ada kosa kata yang tidak tertulis ditabel atas silahkan komen dikolom komentar.


Contoh 2
Contoh yang kedua ini adalah karangan yang cukup sulit dan lumayan panjang.

趣味

 学校(がっこう)(やす)時間(じかん)(はじ)まり(わたし)はシャーペンと(かみ)()()した。数枚(すうまい)(かみ)をテーブルに(ひろ)げ、シャーペンを()にし(わたし)無数(むすう)(せん)()(はじ)めた。()()した(せん)(かさ)なりあってそれが()となっていった。友達(ともだち)がテーブルにあったフォルダーから(わたし)()いた()()()した。「本当(ほんとう)()()くのが()きだね、()がフォルダーからあふれ()しそうだよ。」と友達(ともだち)がいいながらあせって()をフォルダーの(なか)()()んだ。それを()たときつい(わら)()してしまった。そう(わたし)()()くことが()き。

 (わたし)趣味(しゅみ)()()くことが()きで、よく友達(ともだち)にほめられることがある。でも漫画(まんが)()くことが一番好(いちばんず)きでよくテレビアニメのキャラクターをまねして()いていた。いつも友達(ともだち)()きなアニメキャラクターの()()くのを(たの)まれていた。でも(わたし)友達(ともだち)はほとんどアニメオタクだからよく(こま)かいところを注意(ちゅうい)される。アメリカにもオタクがいます、その(ひと)部屋(へや)漫画(まんが)やそれに(かん)するポスターがずらりと(なら)んであった、けど友達(ともだち)日本(にほん)のドラマに出てくるオタクってイメージはそこまですごくはない。

 (なん)()()くことが()きなのか自分(じぶん)()()()きだから。いつもきれいに仕上(しあ)げて()きな漫画(まんが)()けることが()き。でも漫画(まんが)やアニメから()(うつ)したではなく、自分(じぶん)のオリジナルのキャラクターが()くのも()きで、よく授業中(じゅぎょうちゅう)にしょっちゅう落書(らくが)きをした。いつか(わたし)(あこが)れている漫画家(まんがか)のように自分(じぶん)物語(ものがたり)()世界中(せかいじゅう)(ひと)から()んでもらいたい。

(おさな)いころよく(おや)友達(ともだち)にほめられて、そのせいで何度(なんど)何度(なんど)()()(ぞく)た。()がつけば自分(じぶん)作品(さくひん)小冊子(しょうさっし)やカフェテリアの掲示板(けいじばん)()せられ、プロジェクトの(とき)なんか()全部任(ぜんぶまか)せられるようになりました。そのせいで学校(がっこう)有名人(ゆうめいじん)になってしまったようだった。

人間(にんげん)にとって趣味(しゅみ)とは大切(たいせつ)なことである。どうして大切(たいせつ)なのか、それはいつも人々(ひとびと)(ささ)えているから。(ひと)はイライラしているときや退屈(たいくつ)なときに()きなことをやると(いま)までのいやなことが(わす)れてしまって(たの)しい時間(じかん)()ごす。そんな単純(たんじゅん)なことだけど(わたし)はそれでも()きなのだ

*Berikut ini adalah huruf romaji dari tulisan bahasa jepang diatas jika kalian sudah menguasai hiragana, katakana atau kanji silahkan skip tulisan dibawah.

Romaji

Shumi
Gakkou no yasumi jikan ga hajimari watashi wa syapen to kami wo toridashita. Sumai no kami wo teburu ni hirogete, syapen wo te ni shi watashi wa musu no sen wo kaki hajimeta. Kaki dashita sen ga kasanari ate sore ga e to natte itta. Tomodachi ga teburu ni attta foruda kara watashi ga kaita e wo toridashita. Honto ni e wo kaku no ga suki da ne, e ga foruda kara afuredashi sou da yo to tomodachi ga ii nagara asettee wo foruda no naka ni oshi konda. Sore wo mita to kisui warai dashite shimatta. Sou watashi wa e wo kaku koto suki.

Watashi no shumi wa e wo kaku koto ga suki de, yoku tomodachi ni homerareru koto ga aru. Demo manga wo kaku koto ga ichiban suki de yoku terebi anime no kyarakuta wo manshite kaite ita. Itsumo tomodachi ni suki na anime kyarakuta no e wo kaku no wo tanomarete ita. Demo watashi no tomodachi wa hotondo anime otaku dakara yoku komakai tokoro wo chuisareru. Amerika nimo otaku ga imasu. Sono hito no heya ni manga ya sore ni kansuru posuta ga zurari to narande atta. Kedo tomodachi wa nihon no dorama ni detekuru otakutte imeji wa soko made sugokuwanai.

Nan de e wo kaku koto ga suki nano ka jibun no kaku w ga suki dakara. Itsumo kirei ni shiagete suki na manga ga kakeru koto ga suki. Demo manga ya anime kara e wo utsushita dewanaku, jibun no originaru no kyarakuta ga kaku no mo suki de, yoku jyugyouchuu ni shocchu raku kaki dashita. Itsuka watashi no akogarete iru mangaka no you ni jibun no monogatari wo kaki sekai jyuu no hito kara yonde moraitai.

Osanai koro yoku oya ya tomodachi ni homerarete, sono sei de nando mo nan do mo e wo kakizokuta. Ki ga tsukeba jibun no sakuhin ga shousasshi ya cafeteria no keijiban ni noserare, purojekuto no toki nanka e wa zenbu makaserareru you ni narimashita. Sono seide gakkou de yuumei jin ni natte shimatta you data.

Ningen ni totte shumi to wa taisetsu na koto de aru. Doushite taisetsu na no ka, sore wa itsumo hito bito wo sasaete iru kara. Hito wa ira ira shite iru toki ya taikutsu na toki ni sukina koto wo yaru to ima made no iya na koto ga wasurete shimatte tanoshii jikan wo sugosu. Sonna tanjun na koto dakedo watashi wa sore demo suki nano da.

Arti

Hobi
Ketika waktu istirahat sekolah tiba aku mempersiapkan pensil mekanik dan secarik kertas. Aku meletakan beberapa kertas di atas meja, lalu aku mulai menggambar garis-garis yang tidak terhitung. Garis-garis yang kugambar kuhubungkan menjadi sebuah gambar. Temanku mengeluarkan beberapa kertas dari balik folder miliku. “Kamu benar-benar suka menggambar yah lihat banyak sekali gambar yang ada di foldermu” ketika teman berbicara seperti ini aku langsung memasukan kembali gambar-gambarku ke foldernya dengan senyum tidak ikhlas di bibirku. Jadi aku ini hobi menggambar.

Hobiku adalah menggambar dari itu aku sering di puji oleh teman-teman. Tapi, sayangnya aku sering meniru gambar karekter dari sebuah anime yang tayang di televisi karena aku sangat menyukai komiknya. Aku selalu di mintai tolong oleh teman untuk menggambar karakter anime yang mereka sukai. Tapi, karena semua temanku rata-rata adalah Otaku (penggemar fanatik anime) aku sering di peringatkan akan kesalahan ku dalam menggambar. Di Amerika juga ada yang namanya Otaku. Di kamar para Otaku itu biasanya terpampang banyak poster yang berkaitan dengan komik yang mereka sukai. Akan tetapi image mengenai Otaku yang muncul di sebuah drama jepang tidak terlalu seperti yang ada di Amerika.

Alasan mengapa aku punya hobi menggambar adalah karena aku menyukai aktifitas menggambar itu sendiri. Aku sangat menyukai gambar komik yang sangat rapi hasilnya. Tapi bukan hanya gambar yang aku tiru dari komik atau anime, aku juga sangat menyukai gambar original buatanku sendiri oleh karena itu aku sering sembunyi-sembunyi menggambar ketika pelajaran di sekolah sedang berlangsung. Aku ingin suatu saat karya ku dengan ceritaku sendiri bisa di baca oleh seluruh orang didunia seperti komikus yang kukagumi.

Ketika aku masih kecil gambarku sering di puji oleh teman dan orang tuaku. Berkat itu aku terus menggambar sampai sekarang. Sadar-sadar karya ku sudah mulai dibuat pamplet dan di pasang di papan buletin kafeteria. Bahkan aku ketika aku mendapatkan suatu projek, semua hal berurusan dengan gambar di serahkan kepadaku. Berkat itu aku jadi orang yang terkenal di sekolahan.

Bagi manusia hobi adalah sesuatu yang sangat berharga. Mengapa bisa berharga ? karena setiap orang pasti didukung oleh hobinya.  Ketika manusia kesal atau bosan ia pasti mencoba melakukan apa yang ia suka untuk melupakan hal yang ia benci. Sesederhana itu, tetapi aku juga  menyukainya.

Kosakata

Huruf Jepang
Romaji
Arti
学校(がっこう)
Gakkou
Sekolah
(やす)
Yasumi
Libur
時間(じかん)
Jikan
Waktu
(はじ)まる
Hajimaru
Mulai
シャーペン
Shapen
Pensil mekanik
(かみ)
Kami
Kertas
()()
Toridasu
Mengeluarkan
数枚(すうまい)
Suumai
Beberapa lembar
テーブル
Teburu
Meja
(ひろ)げる
Hirogeru
Merentangkan
()
Te
Tangan
無数(むすう)
Musuu
Tak terhitung
(せん)
Sen
Garis
()(はじ)める
Kakihajimeru
Mulai menggambar
(かさ)なる
Kasanaru
Menumpuk
()
e
Gambar
友達(ともだち)
Tomodachi
Teman
フォルダー
Foruda
Folder
()
Suki
Syguka
()()
Oshikomu
Memasukan kedalam
きつい(わら)
Kisui warai
Senyum dipaksa
ほめられる
Homerareru
Dipuji
()
Kaku
Menggambar
キャラクター
Kyarakuta
Karakter
漫画(まんが)
Manga
Manga
まねる
Maneru
Meniru
(たの)まれる
Tanomareru
Dimintai tolong
オタク
Otaku
Maniak
(こま)かい
Komakai
Hal kecil
注意(ちゅうい)される
Chuuisareru
Di peringati
ポスター
Posuta
Poster
(なら)
Narabu
Berjejer
(なん)
Nande
Mengapa
自分(じぶん)
Jibun
Diri sendiri
仕上(しあ)げる
Shiageru
Finishing
(うつ)
Utsuru
Mengcopi
オリジナル
Originaru
Original
授業中(じゅぎょうちゅう)
Jyugyouchuu
Di tengah pelajaran
落書(らくが)きをする
Rakugaki wo suru
Corat-coret
(あこが)れる
Akogareru
Dibanggakan
漫画家(まんがか)
Mangaka
Komikus
世界中(せかいじゅう)
Sekaijyuu
Seluruh dunia
物語(ものがたり)
Monogatari
Cerita
()
Yomu
Membaca
(おさな)
Osanai
Waktu kecil
(おや)
Oya
Orang tua
何度(なんど)
Nandomo
Terus-terusan
描き続た
Kakizokuta
Terus menggambar
作品(さくひん)
Sakuhin
Karya
小冊子(しょうさっし)
Shousasshi
Pamplet
カフェテリア
Kafetaria
Kafetaria
掲示板(けいじばん)
Keijiban
Papan buletin
プロジェクト
Purojekuto
Projek
全部(ぜんぶ)
Zenbu
Semua
有名人(ゆうめいじん)
Yuumeijin
Orang terkenal
人間(にんげん)
Ningen
Manusia
大切(たいせつ)
Taisetsu (na)
Penting
(ささ)える
Sasaeru
Di dukung
イライラする
Ira ira suru
Kesal
退屈(たいくつ)
Taikutsu
Bosan
(わす)れる
Wasureru
Melupakan
単純(たんじゅん)
Tanjun (na)
Sederhana

*Jika ada kosa kata yang tidak tertulis ditabel atas silahkan komen dikolom komentar.

Segitu dulu artikel tentang Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi atau Shumi semoga bermanfaat …
Baca juga : Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Keluarga, Watashi no Kazoku




Fukuro
Fukuro I'M NOT ROBOT I'M VVIBU

3 comments for "Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi, Watashi no Shumi"

  1. Jangan lupa kunjungi https://animeslurr.blogspot.com 😁

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete